RAKERDA PNPM MPd SUMSEL

RAPAT KERJA DAERAH
PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
(PNPM) MANDIRI PERDESAAN
PROVINSI SUMATERA SELATAN TAHUN 2013


Sebagai salah satu bentuk dukunganan pemerintah daerah Provinsi Selatan terhadap pelaksanaan kegiatan PNPM Mandiri Perdasaan pada tanggal 20 s.d 23 Agustus 2013 dilaksanakan Rapat Kerja Daerah PNPM Mandiri Perdesaan Se Sumatera Selatan bertempat di Hotel Grand Duta Palembang, Tujuan dilaksanakannya ”Rakerda PNPM Mandiri Perdesaan sesuai yang di sampaikan oleh Bapak Juharmansyah SE,M.Si pada laporan pembukaan  adalah  sebagai berikut :

1. Melakukan Pemaparan terhadap Konsep dan Pengendalian  Penanganan Masalah Program nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan Propinsi Sumatera Selatan.
2. Sebagai Media informasi terhadap permasalahan – permasalahan yang timbul akibat lemahnya  pendampingan pelaku program sehingga terjadinya kesalahan penerapan prosedur dan mekanismeprogram
3. Sebagai Media Informasi best practise penanganan masalah yang sudah di lakukan di lokasi – lokasi program
4. Menyusun Rencana Kerja penanganan masalah masalah yang ada, serta di susun skala prioritas  penanganan masalah
5. Sebagai Media peningkatan kapasitas pelaku program dalam hal pengelolaan pengaduan dan masalah yang timbul di lokasi program.



Diharapkan melalui kegiatan ini akan terjadi sharing pengalaman yang telah dilaksanakan di lokasi PNPM se Provinsi Sumatera Selatan sehingga dapat menjadi bahan evaliuasi dan perbaikan terhadap pelaksanaan kegiatan yang akan datang, hal ini juga disampaikan oleh Bapak Drs. H.Ahmad Rizali MA Kepala Badan PMPD Provinsi Sumatera Selatan pada sambuatan pembukaan Rakerda PNPM “ selama ini upaya untuk mengatasi kemiskinan telah dilakukan program-program penanggulangan kemiskinan antara lain dengan PNPM Mandiri Perdesaan. Hal ini menunjukkan bahwa permasalahan kemiskinan yang demikian kompleks masih diselesaikan secara parsial dan kurang koordinasi, oleh karena itu perlu diluruskan kembali bahwa penanggulangan kemiskinan tidak bisa dilaksanakan secara terpisah tetapi dilakukan bersama-sama oleh segenap elemen baik eksekutif, legislatif, masyarakat dan swasta yang dibantu oleh pihak konsultan selaku pendamping masyarakat”.
Diharapkan dengan Rapat Kerja Daerah ini kita dapat menyamakan visi dan misi PNPM Mandiri Perdesaan dan  masing-masing kita dapat mengambil peran dalam rangka mensukseskan PNPM Mandiri Perdesaan di masa yang akan datang. Rakerda ini dibuka oleh Bapak Kepala Badan PMPD Provinsi Sumatera Selatan yang dihadiri oleh PJO Kabupaten, PJO Kecamatan, UPK,BKAD,BP UPK, FK, Kepala Desa.

.